Senin, 22 Juli 2019

Kembangkan Potensi Jagung Menjadi Produk Bernilai Jual Tinggi

        
(Dokumentasi KKN 25 UTM 2019 Oleh PDD)

         Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur berhasil memberdayakan potensi ekonomi masyarakat di Desa Mlaka, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Hasil pertanian jagung masyarakat setempat didorong agar memiliki nilai jual ekonomi yang lebih tinggi.



(Dokumentasi KKN 25 UTM 2019 Oleh PDD)

            Hasil pertanian jagung yang diolah menjadi produk dalam bentuk lain adalah biskuit jagung dan tortila jagung. Pelatihan pembuatan produk tersebut dilakukan pada hari Selasa (09/07/2019) di Posko KKN 25. Masyarakat Desa Mlaka menyambut pelatihan tersebut dengan antusias meskipun waktu pelaksaan pelatihan dilakukan pada malam hari.



(Dokumentasi KKN 25 UTM 2019 Oleh PDD)

          Para mahasiswa KKN 25 UTM juga melakukan sosialisasi tata kelola pemasaran online melalui salah satu aplikasi penjualan online. Program Kegiatan meliputi sosialisasi pengolahan, pengemasan, pelabelan, dan pemasaran salah satu produk hasil pertanian.

            Latar belakang dilaksanakannya program adalah memaksimalkan hasil produksi pertanian jagung di Desa Mlaka. Selain itu juga memberikan pengetahuan mengenai pengemasan produk meliputi tujuan, aspek-aspek yang harus dipenuhi dalam mengemas suatu produk dan cara mengemas dengan baik.


(Dokumentasi KKN 25 UTM 2019 Oleh PDD)

                 Masyarakat juga diberikan pengetahuan mengenai cara pelabelan yang baik dan komponen yang harus disertakan dalam suatu label produk. Selanjutnya, peserta diberikan pengetahuan mengenai pemasaran agar suatu produk dapat terjual di pasaran dengan cara memanfaatkan media sosial yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar